WISATA BAHARI: PULAU LEMUKUTAN, KALBAR

Posted by Unknown Kamis, 18 Juli 2013 0 komentar
Yuuk kita intip sisi-sisi daerah di kalimantan Barat. Kira2 kali ini akan ketemu apa ya?? Kali ini saya akan mengajak Anda untuk menikmati indahnya panorama bawah laut. Tidak hanya itu, saya juga akan mengenalkan berbagai macam penghuni bawah laut..hehehe
Baiklah...kali ini kita akan berjalan-jalan menyusuri indahnya sebuah Pulau di KalBar. Pulau lemukutan, yupppp Pulau lemukutan namanya. Pulau yang sudah menjdai konservasi laut untuk melindungi makhluk hisup dalam laut.
Naaah, yang di samping itu beberapa contoh pemandangan yang ada di alam bawah air pulau Lemukutan. Indah Bukan??Pastinya, keindahan yang masih asri dan laut yang masih terjaga, akan memanjakan diri Anda melihat surga dunia di Kalimantan Barat. Pulau leukutan memang sangat cocok bagi yang suka menyelam. 
Pulau Lemukutan bisa menjadi salah  satu pilihan menarik berlibur di akhir  yang menawarkan  paket wisata bahari seperti  memancing, bersepeda, memotret dan tentunya menyelam menyalami keindahan bawah laut.
Pulau yang berada di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat  memiliki topografi menyerupai badan seekor lembu. Kondisi hutan yang masih perawan, terjaga secara alami oleh masyarakat setempat, membuat pulau ini masih sangat alami.
Inilah yang mendorong sejumlah aktivis pencinta alam yang bergabung dalam  Perhimpunan Penjelajah Alam Terbuka Sakawana  menjadikan Pulau Lemukutan sebagai site berlatih dan bereaksi bersama sesama anggota.
Kini  mereka mengajak masyarakat umum  untuk berkunjung dan menikmati wisata bahari. Untuk kegiatan memancing, ucap Iswono,  bersepeda dan memotret, panitia hanya menyediakan transportasi, akomodasi dan konsumsi selama berkegiatan. Sedangkan untuk perlengkapan pendukung kegiatan, seperti sepeda, alat memancing dan umpannya, maupun kamera bagi peserta hunting foto, peserta membawa peralatan masing-masing.
Khusus untuk pelatihan dan sertifikasi selam, seluruh peralatan menyelam disediakan oleh panitia.
Pulau Lemukutan yang berjarak sekitar empat puluh lima menit pelayaran dari dermaga Teluk Suak, di Kecamatan Sungairaya Kepulauan, ini merupakan salah satu gugusan kepulauan yang berada di wilayah perairan selat Karimata.
Berdampingan dengan beberapa pulau lainnya, seperti Kabung, Randayan, Penata dan lainnya. Tetapi, di antara pulau-pulau tersebut, Lemukutanlah yang memiliki wilayah paling luas dengan jumlah penduduk terbesar. Tak heran, di pulau itu pulalah Kantor Desa Lemukutan berad.
Pulau Lemukutan termasuk kedalam kawasan konservasi laut daerah yang ada di Kecamatan Sungai Raya Kepualaun, Kabupaten Bengkayang dan satu satunya kawasan konservasi laut yang ada di Kalimantan Barat. Selain Pulau Lemukutan, ada juga P. Randayan, P. Penata Besar, P. Penata Kecil, P. Seluas dan P. Kabung yang termasuk dalam gugusan pulau-pulau yang ada di kawasan konservasi tersebut. Pulau Lemukutan memiliki panorama bawah laut yang cukup indah, dengan gugusan karang tepi dan masih terjaga walau dibeberapa titik pernah mengalami kerusakan akibat coral bleaching dan blast fishing tahun 1990an. Selain panorama bawah laut, kita juga dapat menikmati keindahan hutan Pulau Lemuktuan yang masih terjaga, proses pembuatan manisan rumput laut dan buah pala, bagan untuk menangkap ikan teri dan sotong, serta keramah tamahan penduduk lokal disana. Untuk menuju pulau tersebut, kita hanya dapat menggunakan kendaraan air yang biasanya tersedia di daerah Teluk suak, sekitar 115 Km dari Kota Pontianak, atau 32 Km dari Kota Singkawang. Angkutan penumpang tersebut yang hanya tersedia sekitar pukul 9.00 sampai dengan 10.00 WIB dengan menggunakan motor air. Lama perjalanan dari teluk suak ke pulau lemukutan sekitar kurang lebih 1-2 jam tergantung kepada berapa pulau yang akan disinggahi oleh motor air untuk mengantar penumpangnya. Sepanjang perjalanan sebelum sampai di pulau lemukutan, kita terlebih dahulu melewati gugusan pulau-pulau lain yang pemandangan bawah lautnya  tidak kalah indah. Air yang jernih, menyebabkan dasar laut dengan tumbuhan karang berwarna-warni, dapat kita lihat langsung dari atas motor air.
Untuk menikmati keindahan Pulau Lemukutan, biaya yang dikeluarkan cukup murah yaitu sekitar Rp. 500 ribu per orang selama 2 hari 1 malam disana. Dimana biaya tersebut sudah termasuk penyeberangan dari teluk suak - P. Lemukutan (pp), penginapan 1 malam, 2x makan (makan siang dan makan malam) dan 1 hari penyewaan alat snorkeling. 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: WISATA BAHARI: PULAU LEMUKUTAN, KALBAR
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://aqilaputrikalbar.blogspot.com/2013/07/wisata-bahari-pulau-lemukutan-kalbar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Ricky Pratama's Blog support EvaFashionStore.Com - Original design by Bamz | Copyright of AQILA PUTRI KALBAR.